Pengertian Psikologi dibidang Pendidikan Lengkap

1. Pengertian Psikologi

Psikologi pendidikan berasal dari dua kata yaitu psikologi dan pendidikan. Makna psikologi menurut bahasa inggris psychology, dan istilah ini juga berasal dari kata yunani yaitu psycho yang dapat diartikan roh, jiwa, atau gaya hidup.

Dan kata yang kedua yaitu pendidikan pengertian pendidikan ini menurut kamus bahasa indonesia kontemporer memberi arti  proses pengubahan cara berfikir atau tingkah laku dengan cara pengajaran, penyuluhan dan latihan.

Pengertian Psikologi dibidang Pendidikan Lengkap - Nova Ardiansyah

Sehingga dapat disimpulkan psikologi pendidikan secara umum yaitu ilmu yang mempelajari dan meneliti sikap dan perilaku anak didik dalam proses belajar mengajar, yang mana sikap dan prilaku tersebut sebagai expresi dari keadaan jiwa mereka.

Pendapat yang kedua  menyatakan Psikologi pendidikan yaitu psikologi yang menerapkan dan mengembangkan prinsip-prinsip, teori-teori, dan teknik-teknik yang berkaitan dengan pelaksanaan belajar mengajar yang memadai sehingga guru dapat membantu mengarahkan atau membimbing perkembangan murid-muridnya, ke arah sasaran yang tepat atau perkembangan yang maksimal.

Pendapat dari kelompok kami yang telah kami simpulkan dari beberapa pendapat yang ada yaitu Psikologi pendidikan merupakan ilmu yang mempelajari sikap dan tingkah laku anak didik dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan teori-teori dan tekhnik- tekhnik dalam pelaksanaanya, sehingga dapat menjadikan anak didiknya berkembang secara maksimal.

Pengertian Psikologi dibidang Pendidikan Lengkap - Nova Ardiansyah

Asas – asas Psikologi  terhadap manusia dan hewan:

Menurut Gleitmen ( 1986 )

yaitu Ilmu pengetahuan yang berusaha memahami sikap manusia.

Menurut Bruno ( 1987 )
  1. Psikologi adalah mengenai ruh ( didukung oleh Plato dan Aristoteles)
  2. Psikologi adalah mengenai kehidupan Mental ( William) tahun 1979
  3. Psikologi adalah mengenai sikap organisme ( Warson) tahun 1958

Menurut Ensiklopedia Pendidikan ( Poerwakawatja & Harahab) tahun 1981

Psikologi adalah penyelidikan atas gejala-gejala dan perilaku manusia.

Jadi Kesimpulannya bahwa Psikologi adalah pengetahuan yang menyelidiki dan membahas sikap terbuka dan tertutup manusia, baik individu maupun kelompok di dalam lingkungannnya.

2. Pengertian Pendidikan

Pendidkan tercantum dalam UUD 1945 Pasal 31. Sedangkan pengertian ada beberapa pendapat.

a. Menurut KBBI

Pendidikan adalah proses mengubah sikap dam perilaku seseorang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pendidikan dan pelatihan.

Pengertian Psikologi dibidang Pendidikan Lengkap - Nova Ardiansyah

b. Menurut UU no. 20 Tahun 2003

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk mengembangkan bakatnya.

Kesimpulannya Psikologi Pendididkan menurut Crow adalah suatu ilmu yang berusaha menjelaskan masalah-masalah yang dialami individu dari lahir sampai mati.

3. Sejarah Psikologi Pendidikan

Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang relatif muda usianya karena pada abad ke 19 atau kurang lebih pada tahun 1879 didirikan laboratorium psikologi dengan menekankan tingkah laku hewan terhadap berbagai macam stimulasi lingungan. Sejak saat itu, nampaknya para ahli psikologi memperluas percobaan dan penelitiannya tidak hanya pada tingkah laku hewan, tetapi juga pada tingkah laku manusia.

Bertolak dari keberhasilan eksperimen terhadap tingkah laku manusia, juga ada nilai manfaatnya terhadap kehidupan manusia, maka eksperimen inipun lebih dikembangkan ruang gerak atau objeknya.
Mengingat ruang gerak psikologi semakin luas, maka gejala jiwa melalui tingkah laku dan perbuatan dalam berbagai keadaan merupakan kawasan psikologi. Karena yang dibahas adalah psikologi belajar, maka terdapat dua pelaku utama yaitu pendidik dan anak didik.

Meskipun tingkah laku dan aktifias antara pendidik dan anak didik merupakan psikologi pendidikan, namun secara khusus yang mengungkapkan tentang sejarah lahirnya psikologi pendidikan dalam berbagai literatur belum terungkap secara pasti. Kalau sekiranya ada yang mengungkapkan, hanya sebatas mengaitkan hasil pemikiran dan kajian para tokoh masa lampau yang lebih mencurahkan pada kegiatan belajar-mengajar baik formal maupu non formal. Hasil kajian tersebut kemudian ditindak lanjuti untuk dibuat konsep dan teori baru.

Pengertian Psikologi dibidang Pendidikan Lengkap - Nova Ardiansyah

4. Manfaat Psikologi Pendidikan
  • Psikologi pendidikan memiliki beberapa manfaat bagi pendidik, diantaranya:
  • Memberi pelajaran terhadap anak didik,
  • Mengenal dan memahami kebaradaan setiap anak didik secara utuh,
  • Memperlakukan anak didik sesuai dengan keadaan jiwa yang sedang dialaminya,
  • Membantu anak didik dalam mengatasi masalh pribadi yang sedang dihadapi, dan
  • Mewujudkan tindakan psikologi yang tepat dalam interaksi belajar-mengajar.

5. Teori Pendidikan

a. Natavisme

Natavisme dari perkataan nativis yang berarti pembawaan. Menurut teori ini anak sejak lahir membawa sifat-sifat dan dasar-dasar tertentu, sifat-sifat dan dasar-dasar yang dibawa sejak lahir itu dinamakan sifat-sifat pembawan.

b. Behaviorisme

Behaviorisme adalah teori perkembangan perilaku, yang dapat diukur, diamati dan dihasilkan oleh respon pelajar terhadap rangsangan. Tanggapan terhadap rangsangan dapat diperkuat dengan umpan balik positif atau negatif terhadap perilaku kondisi yang diinginkan (Arya, 2010) 

c. Konvergensi

Aliran ini berpandangan bahwa perkembangan individu itu baik dasar (bakat, keturunan) maupun lingkungan, kedua-duanya memainkan peranan penting. Bakat sebagai kemungkinan atau disposisi telah ada pada masing-masing individu, yang kemudian karena pengaruh lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan untuk perkembangannya, maka kemungkinan itu lalu menjadi kenyataan. Akan tetapi bakat saka tanpa pengaruh lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan tersebut, tidak cukup, misalnya tiap anak manusia yang normal mempunyai bakal untuk berdiri di atas kedua kakinya, akan tetapi bakat sebagai kemungkinan ini tidak akan menjadi menjadi kenyataan, jika anak tersebut tidak hidup dalam lingkungan masyarakat manusia.

Pengertian Psikologi dibidang Pendidikan Lengkap - Nova Ardiansyah

d. Fitrah

Fitrah merupakan suatu pembawaan manusia sejak lahir, dan mengandung nilai-nilai religius dan keberlakuannya mutlak. Di dalam fitrah mengandung pengertian baik-buruk, benar-salah, indah-jelek dan seterusnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Pembentukan termal (Thermoforming)

Apakah kalian sudah tahu apa itu Planet? ini dia penjelasannya | Nova Ardiansyah

BAB 1 Menulis Surat Lamaran Pekerjaan #1