BAB 1 Menulis Surat Lamaran Pekerjaan #1

koleksi gambar buku bahasa Indonesia rev2013 SMK - Nova Ardiansyah 01

Surat lamaran pekerjaan merupakan surat yang berisi permohonan untuk bekerja di suatu lembaga. Pada umumnya surat ini memiliki bagian-bagian yang berisi identitas diri, jasa yang dapat diberikan, pendidikan, kecakapan/ keahlian, serta pengalaman. Bagian-bagian ini sering disebut juga kualifikasi pelamar. 

Surat lamaran pekerjaan berisi permohonan untuk bekerja pada suatu tempat. Untuk dapat mendalami surat lamaran pekerjaan, kamu harus banyak membaca dan belajar menyusun surat lamaran pekerjaan. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan yang terdapat pada surat lamaran pekerjaan. Setelah hal tersebut terpahami dengan baik, kamu akan mudah menyusun surat lamaran pekerjaan sesuai dengan yang kamu butuhkan.

A. Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan 

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu: 

  1. menentukan isi dan sistematika dalam surat lamaran pekerjaan; dan 
  2. menemukan hal-hal penting dalam surat lamaran pekerjaan. 

Pernahkah kamu mengamati surat lamaran pekerjaan? Temuan apa yang kamu dapatkan? Coba bandingkan dengan surat lamaran berikut ini.

Jakarta, 4 November 2008 

Yth. Pimpinan Personalia PT JAYA SENTOSA 

di Jakarta Saya yang bertanda tangan di bawah ini, 

nama: Firdaus 
tempat, tanggal lahir: Jakarta, 29 Agustus 1980
jenis kelamin: laki-laki;
agama : Islam
pendidikan/jurusan: S-1 Akuntansi 
alamat: Jalan Kramat Jati Nomor 25, Jakarta pusat 
nomor telepon/hp: 08123456789. 

Dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bapak/Ibu, agar kiranya dapat diangkat menjadi pegawai di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dengan jabatan sebagai staf keuangan. 

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/lbu, bersama ini saya lampirkan : 

  1. fotokopi ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisasi masing masing 1 (satu) lembar; 
  2. pasfoto ukuran 3x4 cm sebanyak 4 (empat) lembar; 
  3. fotokopi Kartu Pencari Kerja (AK. 1) yang telah dilegalisasi sebanyak 1 (satu) lembar; 
  4. surat keterangan kesehatan; 
  5. surat keterangan kelakuan baik. 

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan saya kiranya Bapak/ Ibu dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat Saya


Firdaus

Mulailah dengan melihat kerapian dan kebersihan surat. jika ditulis tangan, apakah tulisannya ditata dengan baik, tanpa ada huruf yang salah? jika digunakan komputer, apakah format tulisan dan cetak hasilnya baik dan jelas? Berdasarkan contoh di atas, segi kerapian dan kebersihan belumlah mencukupi. Tata letak komponen surat belum diperhatikan dengan baik. Begitupun dengan mekanisme penulisan tanda baca, susunan baris, dan kebenaran tanda baca. 

Hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan di dalam sebuah surat lamaran adalah bahasa yang digunakan. Pertama-tama, surat tersebut menggunakan bahasa formal. Ya, surat lamaran memang bukan surat pribadi yang diperuntukkan bagi teman atau saudara. Surat lamaran termasuk surat pribadi untuk lembaga resmi. jadi, wajar jika bahasa surat lamaran harus formal (seperti dalam contoh di atas), bukan bahasa gaul. 

Coba cermati surat lamaran dalam contoh. Dilihat dari segi promosi diri pelamar, apakah sudah ada bagian yang menjelaskan promosi diri pelamar. Berdasarkan surat tersebut, penulis lamaran pekerjaan dalam contoh belum mempromosikan dirinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Pembentukan termal (Thermoforming)

Jadwal Pelajaran XII RPL SMK Negeri 1 Trimurjo

Apakah kalian sudah tahu apa itu Planet? ini dia penjelasannya | Nova Ardiansyah