1. Hari Akhir Menurut al-Qur’ãn

Hari Akhir atau Hari Kiamat menurut al-Qur’an dapat dibagi menjadi dua,  yaitu sebagai berikut.

a. Kiamat Sugrā (Kecil) 

Kiamat Sugra adalah peristiwa datangnya kematian bagi semua makhluk  termasuk manusia yang bersifat lokal dan individu.

gunung meletus tanda kiamat sugra - Nova Ardiansyah
gambar 1.1 gunung meletus tanda kiamat sugra

Firman Allah Swt. dalam Q.S. ali Imrãn/3:185

yang artinya: “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan Sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu, barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan”.

Sebelum terjadi hari kiamat, mereka yang telah mati mengalami proses awal kehidupan akhirat yang disebut alam barzakh (Q.S. ar-Rum/30:55-56).

Barzakh adalah alam yang menjadi batas antara alam dunia dan alam akhirat. Pada masa itu roh manusia sudah menyadari akan kebenaran janji Allah Swt. (Q.S. al-Mu’minun/23:99-100), bahkan kepada mereka yang jahat sudah diperlihatkan Neraka dan siksaannya (Q.S. al Mu’min/40:45-46).

Peristiwa-peristiwa yang harus diimani yang akan terjadi sesudah mati
antara lain sebagai berikut.

1) Fitnah kubur, yaitu beragam pertanyaan yang diajukan kepada orang yang meninggal tentang Tuhannya, agamanya, nabinya, imannya, dan kiblatnya.

2) Siksa dan nikmat kubur: siksa kubur diperuntukkan bagi orang yang zalim, munafik, kafir, dan musyrik (Q.S. al-An’ām/6:93, Q.S. al-Mu’min/40:46, Q.S. Fussilat/41:30, Q.S. al-Ahqāf/46:83-89).

“Nikmat kubur diperuntukkan bagi orang yang baik amal ibadahnya di dunia”

(Q.S. ali ’Imran/3:169-170 dan Q.S. al-Baqarah/2:154).

b. Kiamat Kubra (Besar)

Peristiwa berakhirnya seluruh kehidupan makhluk dan hancur leburnya alam semesta secara total dan serentak. Proses terjadinya hari kiamat tersebut dijelaskan oleh Allah Swt. dalam banyak ayat, di antaranya dalam Q.S. at-Takwír/81:1-3:

Bumi hancur tanda berakhirnya kehidupan ( kiamat kubro ) - Nova Ardiansyah
gambar 1.2 Bumi hancur tanda berakhirnya kehidupan ( kiamat kubro )

Dalam Q.S. az-Zalzalah/99:1-5 dijelaskan peristiwa terjadinya kiamat dimulai dengan datangnya gempa yang sangat dahsyat. Dalam Q.S. al-Qari’ah/101:1-5 dijelaskan keadaan manusia bagaikan anai-anai yang bertebaran dan gunung-gunung bagai bulu yang dihambur-hamburkan.

Berdasarkan ayat-ayat tersebut, peristiwa kiamat merupakan kejadian yang sangat hebat, yaitu tatkala Malaikat Israfil meniup sangkakala. Kemudian bumi diangkat, gunung-gunung dibenturkan dan terjadilah kerusakan hebat. Langit pecah bergelegar, benda-benda bumi pun bertebaran laksana kabut. Sementara manusia akan kacau balau kebingungan hanya Allah Swt. saja yang Maha Kekal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Pembentukan termal (Thermoforming)

Apakah kalian sudah tahu apa itu Planet? ini dia penjelasannya | Nova Ardiansyah

BAB 1 Menulis Surat Lamaran Pekerjaan #1