Penjelasan Lengkap Bandar Udara Internasional Deputado Luís Eduardo Magalhães

Bandar Udara Internasional Salvador-Deputado Luís Eduardo Magalhães yang sebelumnya bernama Bandar Udara Internasional Dois de Julho adalah bandara yang melayani kota Salvador da Bahia, Brazil. Sejak 16 Juni 1998 bandara ini diberi nama sesuai dengan Luís Eduardo Maron Magalhães (1955–1998), seorang politisi berpengaruh di Bahia.

Bandar Udara Internasional Deputado Luís Eduardo Magalhães - Nova Ardiansyah

Tahun 2010, bandara ini di peringkat keenam dalam hal pergerakan penumpang, peringkat ke-5 dalam hal penanganan kargo, dan peringkat ke-7 dalam hal pergerakan pesawat di Brazil, menempatkannya menjadi salah satu bandara tersibuk di negaranya. Bandara ini dioperasikan oleh Infraero.

Beberapa fasilitasnya berbagi dengan Pangkalan Angkatan Udara Salvador milik Angkatan Udara Brasil.

Sejarah Bandar Udara Internasional Deputado Luís Eduardo Magalhães

Bandara ini, sebelumnya bernama Bandar Udara Santo Amaro do Ipitinga, yang didirikan pada tahun 1925. Pada tahun 1941 Panair do Brasil berpartisipasi dalam Perang Dunia II, dengan dukungan dari pemerntah Amerika Serikat dan Pemerintah Brasil, fasilitas ini diperbaiki.

Pada 20 Desember 1955, bandara ini mengalami pergantian nama pertamanya: bandara ini menjadi dikenal sebagai Bandar Udara Internasional Dois de Julho, untuk merayakan Hari Kemerdekaan Bahia. Nama ini masih digunakan oleh penduduk Salvador da Bahia untuk menyebut fasilitas ini. Pada 16 Juni 1998 bandara ini mengganti namanya menjadi seperti saat ini, untuk menghormati Luís Eduardo Maron Magalhães (1955–1998) seorang politisi berpengaruhan di negara bagian Bahia. Perubahan kedua ini masih menjadi kontroversi dan terdapat usaha untuk mengganti namanya.

Bandar Udara Internasional Deputado Luís Eduardo Magalhães - Nova Ardiansyah

Bandara ini berlokasi di wilayah seluas lebih dari 6 juta meter persegi anrata gudukan pasir dan tumbuhan asli. Jalan menuju bandara menjadi salah satu atrksi pemandangan di Salvador da Bahia.

Terminal baru dibuka pada tahun 1998, menggantikan terminal asli yang sudah ketinggalan zaman. Terminal baru ini terus diperbarui dan selesai pada akhir tahun 2000. Terminal utama dilengkapi dengan sebuah pusat perbelanjaan seluas 69.400 m², 11 garbarata dan kapasitas 6.000.000 penumpang per tahun. Lalu lintas penumpang tumbuh dengan rata-rata 14% per tahun.

Bandar Udara Internasional Deputado Luís Eduardo Magalhães - Nova Ardiansyah

Insiden dan kecelakaan yang terjadi di Bandar Udara Internasional Deputado Luís Eduardo Magalhães

Kecelakaan
  • 21 September 1944: Panair do Brasil Lockheed Model 18 Lodestar registrasi PP-PBH jatuh sesaat setelah lepas landas dari Salvador da Bahia. Seluruh 17 penumpang dan awak tewas. 

Bandar Udara Internasional Deputado Luís Eduardo Magalhães - Nova Ardiansyah

  • 30 Mei 1950: Aerovias Brasil Douglas C-47-DL registrasi PP-AVZ, dalam rute dari Vitória da Conquista menuju Salvador da Bahia pecah di udara, saat terbang di atas Itacaré, dekat Ilhéus. Pesawat ini terbang dalam kondisi cuaca sangat buruk dan memasuki sebuah awan kumulus. Penumpang dan kargo terlempar di dalam pesawat yang membuat pesawat kehilangan kendali. Kedua sayap terlepas dari pesawat dan pesawat turun dalam kecepatan tingi. Dari 15 penumpang dan awak, 2 orang selamat.
  • 11 Juli 1952: Douglas C-47A-35-DL Angkatan Udara Brasil registrasi FAB-2048 terbang dari Salvador da Bahia menuju Rio de Janeiro jatuh setelah mesin terbakar. 13 dari 33 orang di pesawat tewas

Bandar Udara Internasional Deputado Luís Eduardo Magalhães - Nova Ardiansyah

  • 1 Maret 1959: Douglas C-47A-85-DL Angkatan Udara Brasil registrasi FAB-2060 terbang dari Rio de Janeiro menuju Salvador da Bahia jatuh dalam perjalanan menewaskan seluruh 18 orang di pesawat.
  • 11 November 1991: Nordeste Embraer EMB110P1 Bandeirante registrasi PT-SCU, terbang dari Recife menuju Salvador da Bahia, saat menambah ketinggian awal mengalami permasalahan mesin yang diikuti oleh kebakaran. Seluruh 15 orang di pesawat tewas bersama dengan 2 orang di darat

Bandar Udara Internasional Deputado Luís Eduardo Magalhães - Nova Ardiansyah

  • 3 February 1992: a Nordeste Embraer EMB 110 Bandeirante registrasi PT-TBB dalam perjalanan dari Salvador da Bahia menuju Guanambi, turun di bawah ketinggian minimal dalam cuaca buruk dan jatuh di sebuah bukit yang tertutup awan di dekat Caetité. Seluruh 12 penumpang dan awak tewas
  • 17 November 1996: Embraer P-95 Bandeirante Angkatan Udara Brasil registrasi FAB-7102 terbang dari Salvador da Bahia menuju Pangkalan Angkatan Udara Natal mengalami sebuah kecelakaan di wilayah Caruaru. Empat Bandeirantes Angkatan Udara Brasil sedang melakukan terbang formasi dari Salvador da Bahia menuju Natal saat ekor dari FAB-7102 was ditabrak baling-baling dari pesawat yang lain. Pesawat kehilangan kendali dan jatuh. Seluruh 9 penumpang tewas

    Bandar Udara Internasional Deputado Luís Eduardo Magalhães - Nova Ardiansyah

    Insiden
    1. 15 Mei 1973: VASP Vickers Viscount registrasi PP-SRD rusak tanpa bisa diperbaiki tergelincir dari landasan pacu dan bagian bawah lambung pesawat robek.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Apa itu Pembentukan termal (Thermoforming)

    Apakah kalian sudah tahu apa itu Planet? ini dia penjelasannya | Nova Ardiansyah

    BAB 1 Menulis Surat Lamaran Pekerjaan #1