BAB 1 Menulis Surat Lamaran Pekerjaan #2

Promosi yang baik tercermin pula pada bahasa yang impresif. Contohnya, "Saya selalu siap untuk mendedikasikan diri secara profesional untuk bergabung dalam tim perusahaan yang Ibu/Bapak pimpin." Tentulah kita harus menghindari diri dari tulisan yang bertele-tele. Kemukakan persoalan itu secara efektif. Coba baca kembali, apakah kamu terkesan dengan pernyataan dalam surat tersebut. 

Dilihat dari bagiannya, surat lamaran terdiri atas bagian surat dan riwayat hidup. Kedua bagian ini cukup ditampilkan dalam satu halaman untuk surat dan antara 3-4 halaman untuk riwayat hidup. Artinya, tampilkan isi riwayat hidup hanya bagian pengalaman yang penting, masukkan pendidikan formal dan nonformal; pengalaman organisasi dan prestasi yang relevan; serta kemukakan integritas pelamar secara jujur. 

menulis surat lamaran pekerjaan #2 - Nova Ardiansyah

Bagian surat diawali dengan pernyataan umum (tesis). Pernyataan umum ini berfungsi sebagai informasi awal terkait dengan pekerjaan yang akan dilamar. Untuk menguatkan pernyataan umum (tesis), penulis lamaran harus memberikan argumentasi. 

Berdasarkan contoh surat sebelumnya, yang menjadi tesis adalah sebagai berikut. 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, 

nama: Firdaus
tempat, tanggal lahir: Jakarta, 29 Agustus 1980
jenis kelamin: laki-laki
agama: Islam
pendidikan/jurusan: S-1 Akuntansi; 
alamat: Jalan Kramat Jati Nomor 25, Jakarta Pusat; 
nomor telepon/hp: 08123456789. 

Dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bapak/Ibu, agar kiranya dapat diangkat menjadi pegawai di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dengan jabatan sebagai staf keuangan. 

Di dalam surat lamaran terdapat pula argumentasi. Berikut ini adalah kutipan argumentasi surat lamaran pekerjaan. 

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/lbu, bersama ini saya lampirkan : 

  1. fotokopi Ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisasi masing masing 1 (satu) lembar; 
  2. pasfoto ukuran 3x4 cm sebanyak 4 (empat) lembar; 
  3. fotokopi Kartu Pencari Kerja (AK. 1) yang telah dilegalisasi sebanyak 1 (satu) Iembar; 
  4. surat keterangan kesehatan; 
  5. surat keterangan kelakuan baik. 

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan saya kiranya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. 

]ika dicermati paparan di atas, surat lamaran tergolong ke dalam jenis eksposisi. Sesuai dengan pengertiannya bahwa surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan. Melalui surat lamaran, pelamar 

menyampaikan permohonan untuk diterima sebagai pegawai. Permohonan ini tentulah harus mengandung tesis dan tesis harus didukung argumentasi yang kuat agar yang akan menerima pelamar merasa yakin dengan permohonannya. 

Surat lamaran pekerjaan bersifat formal. Keformalan surat lamaran dapat ditandai dari informasi mengenai sumber awal informasi tersebut. Contohnya, surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu diperoleh dari pengumuman resmi pemerintah atau perusahaan yang dipublikasi melalui media massa, baik berupa surat maupun iklan. Dalam hal ini, pelamar dalam surat lamarannya perlu menyebutkan sumber lamaran tersebut pada alinea atau paragraf pembuka. Jika lamaran itu tidak berdasarkan pada suatu sumber, tentu tidak diperlukan penyebutan sumber pada alinea pembuka. 

Penjenisan Surat Lamaran 

Berdasarkan jenis pembuatannya, surat lamaran pekerjaan dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis. 

  1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam cara ini, riwayat hidup termasuk isi surat karena isinya berupa gabungan. Cara ini juga disebut dengan model gabungan. 
  2. Surat lamaran yang dipisahkan dari riwayat hidup. Dalam cara ini riwayat hidup merupakan lampiran dan cara ini disebut model terpisah. 

Di dalam praktiknya, jenis yang sering dipakai adalah model terpisah. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, model ini lebih digemari oleh pelamar kerja karena suratnya tidak terlalu panjang. 

Di dalam surat lamaran pekerjaan akan ditemukan hal-hal penting yang harus dilampirkan. Sebagai seorang pelamar pekerjaan harus cermat di dalam menulis surat agar semua data menjadi argumentasi yang kuat. Di samping lampiran, segi lain yang harus dipahami seorang penulis surat lamaran pekerjaan adalah isi dan sistematika surat. Perhatikan contoh surat lamaran pekerjaan berikut ini! 

pelamar pekerjaan - Nova Ardiansyah
pelamar pekerjaan - Nova Ardiansyah

Balikpapan, 20 November 2015 Yth. Direktur CV Multimedia Utama Jalan D.I. Panjaitan 57, Balikpapan 

Dengan hormat, 

Menanggapi iklan pada harian Kaltim Post tanggal 15 November 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya mengajukan lamaran untuk jabatan supervisor alat berat. 

Adapun kualifikasi diri saya: 

nama : Suroyo Sinambela, S.T
tempat, tanggal lahir : Tulungagung, 31 Oktober 1981 
pendidikan : S-1 Teknik Mesin
alamat : Jalan Meratus Nomor 276, Balikpapan.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan: 

  1. fotokopi ijazah, 
  2. daftar riwayat hidup, dan 
  3. surat keterangan catatan kriminal. 

Besar harapan saya atas terkabulnya lamaran ini. 

Hormat saya 


Suroyo Sinambela, S.T

Berdasarkan surat lamaran pekerjaan di atas dapat diketahui bahwa isi dari surat lamaran meliputi tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang. Isi surat terdiri atas unsur nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, alamat, serta beberapa hal yang dilampirkan. Hal-hal penting yang dilampirkan antara lain daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, sertifikat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pasfoto. Kadang-kadang instansi/lembaga juga meminta persyaratan lain, seperti surat keterangan pengalaman kerja, surat keterangan, berbadan sehat, dan surat izin orang tua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Pembentukan termal (Thermoforming)

Apakah kalian sudah tahu apa itu Planet? ini dia penjelasannya | Nova Ardiansyah

BAB 1 Menulis Surat Lamaran Pekerjaan #1